Kue Gambir

 



Alhamdulillah jadi juga hari ini bikin kue gambir. Kue gambir ini punya sejarah manis tersendiri buat sy. Nenek di bali jarang sekali kemari. Karena memang jauh. Nenek juga nggak berani naik pesawat karena jantungan. Waktu kami kecil dulu, nenek kesini naik bis. Bisa seminggu dari bali kesini. Biasa dari sana bawa kue2. Kadang smpe jamuran pas smpe disini..hihi. Salah satu kue yg cukup awet ya kue gambir ini. Dari lembut smpai sini jadi keras, saking lamanya..hehe. otentiknya kue gambir ini dimasak selama 2 jam, bahan campurannya itu lompong untuk warna hitamnya. Trus isiannya  kacang hijau sangrai ditumbuk bareng gula merah ya. Hanya saja ada juga kue gambir yang isinya unti. Dan biar lebih mudah, pakai tepung ketan hitam sikit pengganti lompong dan dikukus cuma 20 menit aja. Udah bisa dinikmati. Tapi yang untuk dibawa jalan jauh ya yg otentik tadi. Isi kacang ijo sangrai. Awet kuenya karena dikukus lama dg lompong.


Walau buatan sy gak seotentik itu, tapi karena pemakaian daun bambu, membuat rasanya jadi persis sama. Bau daun bambu itu khas banged. Jadi sebelum digunakan, rebus dulu daun bambu dalam air mendidih ya. 


Resep kue gambir ini susah sekali dicari, tapi akhirnya nemu juga di youtube. Cuma ini gak pakai kentang spt di youtube, sy buat spt resep otentik aja, tepung ketan putih dan tepung ketan hitam homemade buatan sendiri (nyari tep ketan hitam pabrikan gk ketemu)





Resep Kue Gambir

Source dintalie dg berbagai modifikasi


Bahan:


100 gr tepung ketan putih

25 gr tepung ketan hitam otentiknya pakai lompong

70 ml air, hentikan penambahan air jika terasa sudah bisa dibentuk ya

Sedikit garan

Daun bambu yang sudah direbus untuk pembungkus

Tali rafia, belah2 untuk pengikat

Minyak goreng untuk olesan


Isian: kelapa unti atau mau yg otentik, kacang ijo disangrai smpai matang, diblender bersama gula merah


Campur tepung ketan putih, hitam dan beri air. Hentikan penambahan bila adonan bisa dibentuk. Pipihkan adonan, beri isian dan bulatkan. 


Oles daun bambu dengan minyak, bungkus seperti melipat kado. Ikat dengan tali rafia. Kukus selama 20 menit. Sajikan hangat.





#resepkuegambir #kuegambir #kuebasah #kuekhasbali #jajananbali #enak

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tumis Kerang Kupas Pedas Asam Manis

Putu Ayu Pandan Jumbo dan Teh Bunga Kembang Kertas

Cenil Singkong Pandan

Gulai Kerang dan Tahu

Es Mangga Yakult

Bolu Singkong

Mie Goreng

Kolak Singkong

Asam Pedas Telow Ikan Kurau

Puding Mangga Dadu