Postingan

Menampilkan postingan dari Juli, 2020

Idul Adha 1441 H

Gambar
Idul adha kali ini cuma bikin roti canai aja sama gulai ayam dan sambal teri kacang. Simpel aja. Masaknya tadi malam. Jadi pagi tinggal manasin gulainya dan panggang rotinya. Enak masyaAllah. Resep ada di foto ya.  Menunya itu aja. Selebihnya kueh mueh aja. Yang dibuat dua hari lalu, dan ada sisa martabak beli buka puasa. Kesenengan anak2 ya cemilan2 gini. Sengaja nggak masak karena pagi zauji udah keluar lihat hewan kurban. Kami ke rumah umi. Kue2 dibawa kesana. Alhamdulillah bersyukur masih bisa berhari raya. Semoga berkah semua ya. Yang berkurban ataupun yang menunaikan ibadah haji. Aamiin. Taqabalallahu minna wa minkum. Resep roti canai Source: si darling Bahan-bahan: 10 porsi 300 gram Tepung terigu 1 butir Telur ayam 50 ml Minyak goreng 150 ml Air hangat 1 sdm Susu bubuk 1 sdt Gula halus (opsional) 1/2 sdt Garam secukupnya Margarin secukupnya Minyak goreng (untuk merendam adonan) Langkah Masukkan telur ayam, air hangat, dan minyak goreng dalam satu wadah. Kocok dengan garpu, aduk

Bolu Kemojo

Gambar
Bolu kemojo, bolu khas riau. Mirip bingka tapi lebih padat ya. Saya bikin pakai daun pandan tapi kurang hijau warnanya. Mungkin karena nggak pakai pandan suji atau kurang banyak daun pandannya. Ini saya panggang di oven aja soalnya lama. 45 menitan gitu. Trus setelah itu sy panggang lagi di teflon untuk efek kecoklatannya. Yummy. Wangi. • • • • • • ・・・ Bolu Kemojo By novaneperdana . . Bahan : Telur 4 butir Gula pasir 150 gr Tepung terigu 175 gr Vanili 1/2 sdt Garam sejumput Santan 250 ml dari 1/2 butir kelapa Mentega 150 gr dilelehkan Daun pandan 5 lembar ditambah dengan 1 sdm air,dihaluskan lalu disaring . Cara membuat : Mixer telur dan gula hingga mengembang dengan kecepatan tinggi,turunkan speed,masukkan tepung,vanili,garam,santan,mentega,air daun pandan,setelah tercampur rata,matikan mixer,tuang adonan ke cetakan yang sudah diolesi mentega,oven dengan suhu 160'c dengan menggunakan api bawah selama 45 menit,keluarkan,potong2,sajikan.Jadinya 3 buah loyang.

Kue Latok

Gambar
Resep kue latok saya pakai resep kue lumpang mba xanders. Udah banyak yang remake dan enak. Kue latok nama kue bali yang kalau di daerah lain disebut kue lumpang.  Kue Latok atau kue lumpang By : xanderskitchen 100 gr sagu 25 gr tepung beras 50 ml air pandan suji 200 ml santan 100 gr gula pasir Sejumput garam 2 lbr daun pandan disobek2 Buat taburan : Kelapa setengah tua, kukus + sedikit garam Cara buat :  1. Rebus santan, air pandan , gula, garam dan daun pandan. Mendidih. Dinginkan 2. Campur sagu dan tepung beras. Masukkan santan sedikit2 sambil aduk rata. Jika ada gumpalan. Saring 3. Tuang ke dalam cetakan. Kukus sampai matang kira2 10 - 15 mnt 4. Keluarkan kue latok yg sudah matang. Sajikan dg taburan kelapa parut kukus

Caramel Cake atau Bolu Sarang Semut

Gambar
Assalamu'alaikum Persiapan hari raya Idul Adha. Bikin kudapannya di H-1. Supaya gak keteteran nanti. Maklum punya bayi yang super rewel. Plus kompor cuma satu lubang.  Untuk cemilan nanti, saya bikin kue jadul. Dari bolu sarang semut, bolu kemojo dan kue lathok. Perpaduan budaya melayu dan bali. Hehe. Walaupun di daerah lain juga ada kue ini. Seperti bolu sarang semut atau bolu karamel ini juga ada di daerah lain atau kue lathok disebut kue lumpang kalau di daerah lain ya. Yang jelas tradional. Dan saya demeeen banged yang tradisional gini.  Menu buat lebarannya apa? Nanti kita share pas hari H ya. Sekarang cek resep kue jadulnya dulu yuk. Berikut resep bolu sarang semutnya. Dikatakan sarang semut karena bersarang seperti sarang semut ya • • • • • • 🍰Bolu Sarang Semut ~ Cake Caramel⁣ ⁣ Source @merilimatmaja⁣ Resep:⁣ Bahan A:⁣ 🐜250 gram gula pasir⁣ 🐜250 ml air panas⁣ ⁣ Cara: masak gula dgn memakai teflon dgn api kcl smp gula larut, setlh itu masukkan air panas masak smp gula laru

Wingko Ketan Hitam dan Candil Ketan Hitam

Gambar
bikin tepung ketan hitam sendiri dari beras ketan hitam saya rendam semalaman, lalu jemur kering, baru digiling. Sebelumnya beras ketan hitamnya langsung sy blender. Susah banged halus. Ternyata ada metodenya ya. Mesti direndam lalu dijemur. Setelah itu, gampang halusnya. Setelah diblender halus, tepung ketan hitamnya saya sangrai. Hari ini saya olah jadi wingko ketan hitam dan candil ketan hitam. Selintas candil ketan hitamnya mirip boba ya. Hihi. Mungkin bisa dibilang versi indonesianya boba...tekstur kedua kue ini tetap memiliki ciri khas tepung ketan hitam yang lebih padat dari tepung ketan putih dan lebih berpasir.  Resep Wingko Ketan Hitam Source saomeaklong Ingredients 🔽 ⏺250g Freshly grated coconut/250 gram kelapa parut ⏺180g Glutinous rice flour/180 gram tepung ketan ⏺30g Black glutinous rice flour/30 gram tepung ketan hitam  ⏺200g Palm sugar/200 gram gula merah ⏺1/2 tsp Salt/1/2 sdt garam ⏺135ml Water/135 ml air ————————————- Campur kelapa parut, tepung ketan hitam dan tepun

Wingko Babat

Gambar
Assalamualaikum Zauji paling suka wingko. Doi paling berkesan pas makan wingko ketika kami nikah. Selama ini sy bikinnya pakai cetakan. Kali ini saya bikin pakai loyang seperti wingko babat. Zauji bilang enak dan mirip sama yang dulu. Senang deh rasanya. Memang buat ini dalam rangka nyenengin zauji..hihi. Umi juga suka banged kue ini. Kangen umi juga. 30 menit terakhir bagian atasnya saya oles kuning telur plus madu. Biar cantik warnanya. WINGKO Source : ayudiahrespatih Bahan : 270 gr tepung ketan 450 gr kelapa parut 180 gr gula pasir 200 ml santan (130 ml kara + air) 2 butir telur, kocok lepas 1/2 sdt garam 1/2 sdt pasta vanila Cara membuat : 1. Campur ketan, gula, kelapa dan garam. Aduk sambil agak diremas. 2. Masukkan telur, disusul santan dan pasta vanila, aduk rata. 3. Tuang ke dalam loyang 28x24x4 cm yg sudah dialasi daun pisang, ratakan. 4. Panggang di suhu 160'C sampai matang kecoklatan (saya 55 menit api bawah + 5 menit api atas). 5. Tunggu hingga wingko dingin, potong2 se

Kue Lapis di Daun Pisang

Gambar
Sesekali bikin kue lapis tanpa dilapis dan ditaruh di daun pisang. Eksperimen aja ni. Enak juga. Makannya pakai kelapa parut. Sebentar ludes ma anak-anak. Kue Lapis di Daun Pisang 150gr tepung beras 100gr tepung terigu 110gr gula pasir 65 ml santan kental 200 ml air daun pandan 1/2 sdt garam topping: kelapa parut + sedikit garam Cara: Topping: campur kelapa parut dengan garam, kukus 10menit Campur gulad santan, air, garam dan daun pandan . Masak sampai gula larut. Saring.  Tambahkan tepung beras, lalu tepung terigu. Aduk rata jangan sampai ada yang menggumpal. Saring kalau perlu Panaskan kukusan, sampai ngebul Lalu kukus 15-20menit Sajikan dengan kelapa parut kukus

Nona Manis Pink

Gambar
Bikin kue yang manis seperti namanya yang nona manis. Warna pink juga biar serba pink. Resep dari malichatun Resep NONA MANIS Bahan A Inti Santan Kental : 175 ml santan kental instan 250 ml air 40 gr tepung terigu serbaguna 1/2 sdt garam 1 sdm gula halus (sy: skip) Bahan B : 100 gr gula halus 100 gr terigu serbaguna 90 ml santan kental instan 250 ml air  1 telor ayam ukuran besar Bahan C: 50 gr gula halus 30 gr maezena 90 ml santan kental instan 180 ml air daun pandan 10 batang daun pandan, potong kecil  1/2 sdt garam 2 tetes pewarna  Cara Membuat : 1. Bahan A: campur santan, tepung terigu, garam, air, aduk menggunakan wisk, sampai tercampur rata, masak sampai meletup letup sambil terus diaduk, matikan api, kalau masih ada bergindil, saring sebelum masuk botol & dinginkan suhu ruang 2. Bahan B: kocok lepas telor ayam dlm mangkuk. Dlm bowl masukkan gula halus, terigu, santan, air aduk rata dg wisk, baru masuk telor yg dikocok, aduk kembali, kalau ada bergindil bisa saring dahulu, si

Ikan Pindang Asam

Gambar
Biasanya kalau main ke rumah umi, abi selalu masakin ikan ini. Nggak nyangka, ikan kembung bisa dibikin gini. Enak malah. Kuahnya itu kerasa banged..sedap. mirip sup ikan, tapi ini wangi dan sedikit asam. Lebih seger menurutku. Suka sekali. Saya reka2 aja dari rasanya dan bikin takaran sendiri. Ternyata sama enaknya. Resep Ikan Pindang Asam Source: Selma Bahan: 3 potong ikan kembung besar 3 potong ikan sisik Daun sereh, salam, daun kunyit,dan sereh digeprek daun jeruk Cabe merah, hijau, bawang merah diiris 4 potong Belimbing wuluh, belah 2 Jahe digeprek, merica bulat dan ketumbar bulat Garam Bumbu halus: 3 cabe hijau 3 bawang merah dan bawang putih, garam Pelengkap: Sawi putih, iris Tomat belah 4 Cara membuat: Masukkan air dalam panci. Masukkan semua bumbu selain ikan dan pelengkap. Masak hingga mendidih. Masukkan ikan dan sayuran. Tutup. Masak hingga meresap dan ikan matang. Sajikan. Nb: belimbing wuluh boleh ditambahkan di awal atau di akhir..opsional aja.

Kue Khas Batak: Itak Gur2 atau Pohul2 dan Ombus2

Gambar
jadi juga bikin itak gur2 atau pohul2 dan ombus2. Belajar. Jadinya lumayan hasilnya. Kalau ombus-ombus mirip kue putu bambu tapi dibungkus daun pisang. Yang lucu bentuknya itak gur2 atau pohul2nya. Dikepal2 mirip jari. Hehe. Saya suka versi gula merah. Wangi. Bikin ini karena ikut2an kak Sherly Mumtaaz. Bikin sikit aja.  Sejarahnya, itak gur2 itu adalah kue mentah khas batak yang disajikan di acara adat batak. Bikinnya dari beras yang ditumbuk campur kelapa dan gula. Itak artinya beras yang ditumbuk halus, dan gur2 artinya membara. Jika tidak suka mentah, bisa disajikan dengan dikukus terlebih dahulu. Resepnya dari rudi rasa sayange: OMBUS-OMBUS Bahan 1 : 200 g tepung beras yang baru ditumbuk 1 sdm tepung sagu 160 g kelapa sedang tuanya, parut  ½ sdt garam ½ sdt vanilli bubuk Bahan 2 : 60 g gula aren/merah disisir halus 1 lembar daun pandan potongan 3 cm belah 2 Daun pisang secukupnya Cara Membuat : 1. Campur semua bahan 1 tapi jangan diuleni, aduk rata hingga kelapa berbutir-butir. 2.

Putu Ayu Pink dan Pandan Suji Gula Merah

Gambar
Berbeda dengan kue putu, yang ini tidak memilki isi. Meski tidak memiliki isi, putu ayu juga pas banget disantap bareng keluarga. Dengan taburan kelapa, membuat pengalaman menyantap putu ayu berbeda dari biasanya. Resep asli sy modif aja dengan penambahan pasta pink dan air daun suji. Untuk yg daun suji sy kasi gula merah. Resep Putu Ayu Pink dan Pandan Suji Gula Merah Source endeus ⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ▼Bahannya▼ - 150 g kalapa parut - ¼ sdt garam - Minyak goreng secukupnya - 175 ml santan - 1 sdt pasta  - 3 butir telur - 125 g gula pasir - 250 g tepung terigu. ⠀⠀⠀⠀⠀⠀ ▼Langkah-Langkah▼ 1. Campur kelapa parut dengan garam, aduk rata 2. Olesi cetakan kue dengan minyak goreng, kemudian masukkan kelapa parut 3. Campur santan dengan pasta, aduk rata 4. Kocok telur dengan gula pasir, masukkan tepung terigu, aduk rata 5. Tuangkan adonan pasta pandan, masukkan tepung terigu, aduk rata 6. Masukkan adonan ke atas cetakan 7. Kukus hingga matang 8. Sajikan ⠀⠀⠀⠀⠀⠀ Mudah, ringkes, #endeus! ——————————————————

Nasi Goreng Teri Cabe Hijau

Gambar
Assalamualaikum Sarapan bikin nasgor yuks. Kangen nasgor cabe ijo yang di jalan paus. Akhirnya bikin sendiri aja. Lumayan juga rasanya. Ludes deh. Alhamdulillah.. Resep Nasi Goreng Teri Cabe Hijau Source: selma Bahan: 1 mangkuk nasi 1 butir telur ukuran besar 1 ikat sayur bayam malaysia (bisa bebas sayur apa aja), iris 2 lembar sawi putih, iris 3 tangkai daun seledri Segenggam teri, goreng Lada bubuk dan ketumbar bubuk Garam secukupnya Bumbu halus: 7 cabe hijau 2 bawang merah Cara membuat: Tumis bumbu halus hingga wangi.  Masukkan sayuran, tumis hingga layu. Masukkan telur. Orak arik kering. Masukkan nasi, aduk rata. Tambahkan sisa bawang. Masak nasi goreng hingga matang. Sajikan.

Lupis Ketan Pandan

Gambar
Alhamdulillah akhirnya bisa juga bikin lupis sendiri. Dah lama kali pengen bikin sendiri. Cuma malas rebusnya yang lama..irit gas ceritanya. Tapi skrg buat aja. Gak papa sesekali rebus lama. Biar ilang kepunan. Ni lupis pandan, asli pakai pandan wangi dan pandan suji. Wangi dan enak. Lupisnya sebagian saya cetak di cetakan lontong. Daun pisang juga petik dari pohon.. • • • • • • LUPIS KETAN PANDAN Source @ninis_cake_cookies ・・・ Bahan : 200 gram ketan putih. 1 sendok teh garam. Air jus pandan suji dan pandan wangi Daun pandan. Secukupnya air. Secukupnya daun pisang. Pelangkap: Kelapa parut. Gula merah cair. Cara membuat: Cuci bersih beras ketan. Rendam beras ketan dengan air pandan & garam. Diamkan 2 jam. Tiriskan. Masukkan beras ketan ke dalam daun pisang, saya bungkus seperti membungkus lontong. Didihkan air, kira2 sampai semua lupis terendam air. Masukkan daun pandan & lupis. Tutup panci. Masak sampai 1,5 jam atau sampai matang. Setelah matang, tiriskan. Sajikan dengan kelapa