Postingan

Menampilkan postingan dari Mei, 2020

Ayam Goreng ala Nasduk

Gambar
Bikin ayam goreng yang enak itu mudah lho. Bahannya juga dikit. Ayamnya mirip yg dijual di nasduk. Wangi dan gurih krenyes. Dagingnya nggak keras.  Resep Ayam Goreng Source selma Bahan: 1 ekor ayam, potong2 sesuai selera, kucuri jeruk nipis Bumbu halus 2 ruas jari kunyit 1 ruas jari jahe 4 bawang putih Siapkan wajan. Balurkan bumbu keatas ayam. Diamkan 15 menit. Masukkan air setinggi ayam. Masak hingga ayam berubah warna dan matang. Goreng dengan minyak panas. Sajikan.

Candil

Gambar
Bikin candil ketan kesukaan umi. Candil ketan ini lebih kenyal ya. Kalau saya candil atau biji salak, keduanya suka kok. Lain2 enaknya. Ni mudaj banged bikinnya. • • • • • • BUBUR CANDIL  by @icha.irawan Bahan: 300gr tepung ketan 1/2 sdt garam Air secukupnya Cara membuat: Taruh tepung diwadah, tambahkan air secukupnya, hingga adonan menyatu kalis dan tidak lengket ditangan, bentuk bulat bulat seperti kelereng, sisihkan Sausnya : 200gr gula merah (atau sesuaikan dgn selera manisnya) 1lembar daun pandan 800ml air 2sdm tepung ketan 1sdm tepung beras Caranya : Rebus gula merah , daun pandan dan air dipanci sampai larut, tambahkan tepung beras dan ketan, aduk rata pelan2 masukkan bulatan biji candil masak sampai mengental dan meletup letup letup, sajikan dgn saun santan Saus santan  Bahan 200ml santan kental 200ml air  1/2 sdt garam 1 lembar daun pandan Caranya : Masak smua saus santannya. #resepibu #resepmomychaa #resepbubur #resepcandil #dapurmomychaa #cookingwithloveichairawan

Korean Fried Rice

Gambar

Idul Fitri 1441 H

Gambar
Alhamdulillah kelar juga masak tadi. Pakai drama nangis adek aisyah, kompor yg idup mati. Alhamdulillah kelar juga request zauji. Biasanya lebaran masak ketupat, tapi karena zauji kangen maknye, buat masakan yg mendekati masakan pas di bagan. Walau disana biasanya lontong sayur, kami lontong opor, karena lagi pengen opor.  Buat pendampingnya ada tumis tempe tahu kacang panjang tauco, spt buatan mamak di bagan. Plus ada sambal kentang, ati dan cumi asin. MasyaAllah. Peyeknya lupa kefoto..hehe. Resep Lontong Komplit Lebaran Oleh: banususanto resep untuk 8-10 porsi KOMPOSISI: 10 buah lontong siap saji Opor ayam Sambal goreng kentang hati dan cumi asin Tumis tempe tahu kacang panjang dan tauco Bawang merah goreng Telur rebus . . OPOR AYAM Bahan: 1 ekor ayam, potong 8-10 bagian 2 serai, geprak 4 daun salam 7 daun jeruk Minyak untuk menumis 500 cc santan kental dari 1 butir kelapa  1000 cc santan encer (sisa perasan santan kental) Garam, kaldu bubuk,  dan gula secukupnya Bumbu halus: 15 bawa

Ikan Goreng Cianjur

Gambar
Ramadhan Day 28 Klo liat nila, kangen ikan goreng cianjur yang udah dua kali sy makan di resto ikan goreng cianjur. Rasanya enak bgd. Tapi sy lupa serehnya mestinya dipotong kecil2. Dan ini kurang ngental kuahnya. Kyknya mesti ksi maizena dikit. Nnti cb lagi insyaAllah. Tapi ini aja udah enak. Sy cari resepnya gak nemu. Jadi ini resep versi sy sndiri. Smg ada teman2 yg mau nambahin apa aja lagi yg kurang dari resep ini. Resep Ikan Goreng Cianjur Source selma Bahan: 5 potong ikan nila, siangi dan kerat2, goreng garing 3 potong sereh, potong kecil2 Kecap secukupnya 1 tangkai seledri 5 cabe merah, belah dan potong 1 sdm maizena, larutkan dengan sedikit air Ketumbar dan lada bubuk Garam 3 lembar daun jeruk dan salam Bumbu halus 3 bawang merah 5 bawang putih 1 ruas jari jahe 3 cabe merah Cara membuat Tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan sereh dan daun2. Aduk rata. Tambahkan cabe dan seledri. Masak sbntr lalu masukkan kecap. Aduk rata. Tambahkan ikan goreng dan air secukupnya. Masak hing

Mie Gomak

Gambar
Ramadhan Day 28 Mie Gomak Zauji sedih nggak bisa pulang kampung. Biasa tiap tahun pulkam. Apalagi ayah rahimahullah udh gda...mamak pun sepi disana. Biasa tiap tahun masak mie gomak ini. Dimakan bersama keluarga besar. Sy pertama x makan ya masakan mamak. Baru tau ada namanya mie ini. Mie khas batak mungkin ya.  Resep Mie Gomak Source selma Bahan: 1 bungkus mie lidi 3 lembar kol, iris 1/2 bonggol sawi, iris 1 buah tomat, potong2 1 butir telur Cabe rawit utuh jika suka 1 tangkai daun bawang, iris 1 tangkai seledri, iris Bawang goreng secukupnya Ketumbar bubuk Lada bubuk Garam Kecap Bumbu halus: 5 bawang putih 3 bawang merah Segenggam rebon atau teri , rendam air panas 5 cabe merah Cara membuat: Didihkan air. Beri sedikit minyak. Masukkan mie lidi. Masak hingga matang. Tiriskan dan kucuri air dingin. Tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan kol dan sawi. Aduk hingga setengah matang. Masukkan telur. Orak arik. Masukkan mie lidi. Masukkan kecap manis. Aduk rata.  Beri irisan seledri, daun

Sarikaya Gula Merah

Gambar
Ramadhan Day 28 Gak bisa bikin macem2. Karena aisyh demam. Bikin yang simpel tinggal cemplung aja buat takjil hari ni.  Sarikaya Gula Merah Source yoenita - Bahan : 600 ml santan kekentalan sedang 5 butir telur 200 gr gula merah, haluskan 5 sdm tepung beras garam, vanila sckpnya 2 lembar daun pandan, Langkah membuat : 1, Panaskan kukusan, letakkan loyang d dlm kukusan 2. Masak santan dan daun pandan hingga mendidih, angkat 3. Masukkan semua bahan kdlm mangkok besar, aduk rata, lalu saring 4. masukkan kdlm loyang yg sdh diolesi.minyak 5. Kukus selama 25-30 menit 6. Setalah matang angkat, dinginkan . semoga jadi inspirasi bikin kue . .

Roti Maryam Simpel, Ori dan Coklat

Gambar
Ramadhan Day 27 Hari ni bikin roti maryam simpel. Resep dari yackikuka. Beneran simpel. sekalian nyoba food processor chopper dri mitochiba. Udah lama pengen, akhirnya stlh nabung dapat kebeli juga. Mudah dan cepat kalisnya. Adonan lembut. Jadinya enak, gurih, tipis dan berlapis. Yang coklat sy ksi selai coklat. Enak bgd. Resep Roti Maryam Ori dan Coklat Source yackikuka Bahan: 200 gram terigu protein tinggi 1 butir telur 50-70 ml air 25 ml minyak goreng atau mentega 1 sdt garam Cara membuat: Campur semua bahan. Uleni hingga kalis. Rendam dalam minyak selama 1-2 jam. Tipiskan. ( Beri mentega asin untuk yg ori, dan selai coklat untuk yang coklat.  Gulung dari ujung membentuk gulungan memanjang. Bentuk obat nyamuk dari kedua sisi gulungan. Tumpukkan kedua lingkaran.  Panaskan pan dan beri mentega. Cairkan. Tipiskan bulata lingkaran dan panggang hingga matang satu sisi, balik. Panggang hingga kedua sisi matang.  Untuk lebih jelas bisa lihat video yackikuka di https://www.instagram.com/p/B